Press "Enter" to skip to content

6 Peralatan Listrik Rumah yang Paling Boros Energi

admin 0

Dari begitu banyak peralatan kelistrikan di rumah Anda, beberapa dapat bekerja meski tanpa mengonsumsi daya listrik yang cukup besar seperti lampu. Semakin modern jenisnya, lampu semakin hemat energi, lho. Namun tidak halnya dengan beberapa peralatan listrik lainnya di rumah. Meski dengan teknologi yang semakin modern, peralatan-peralatan listrik ini ternyata tetap memerlukan energi listrik yang cukup besar untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Jika Anda menggunakan beberapa atau bahkan semua peralatan di bawah, selalu periksa daya dan instalasi listrik rumah secara berkala agar tidak ada hal-hal buruk yang terjadi karena penggunaan berbagai macam peralatan listrik. Apa saja peralatan-peralatan haus listrik tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Instalasi Listrik Rumah

  1. AC

Konsumsi daya listrik AC memang beragam, mulai dari yang hemat energy dan berdaya rendah sampai dengan AC yang berdaya besar dengan konsumsi listrik yang besar juga, namun dibanding dengan lampu, AC tetap menyedot daya listrik yang jauh lebih besar. Pemakaian daya listrik oleh AC mulai dari ½ pk, 3/4 pk, 1pk dan 2 pk, bahkan lebih dari 2 pk pun ada tapi rasanya tidak tepat untuk dipakai di rumah karena ruangan dalam rumah yang tidak besar.

AC ½ PK biasanya mengonsumsi listrik sebesar 350 watt.

AC ¾ PK biasanya mengonsumsi listrik sebesar 500 watt.

AC 1 PK biasanya mengonsumsi listrik sebesar 700 watt.

Dalam membeli AC jangan hanya mempertimbangkan kemampuan pendinginnya tapi perhatikan juga konsumsi listriknya yang besar, jangan sampai daya listrik yang terpasang di rumah tidak sanggup menyuplai AC yang Anda beli.

  1. Pompa Air

Bagi setiap rumah, pompa air merupakan perangkat elektronik yang paling penting dan paling dibutuhkan dirumah, terutama bagi rumah-rumah yang tidak berlangganan air PAM.

Pompa air bertugas untuk menyedot air tanah untuk selanjutnya disalurkan ke permukaan melalui berbagai saluran pipa. Secara daya, pompa air listrik terdiri dari beragam jenis mulai dari yang memiliki kemampuan sedot rendah sampai yang berdaya sedot sangat besar. Daya sedot ini mempengaruhi pemakaian daya listrik pompa, mulai dari ½ Ampere atau 100 watt sampai yang membutuhkan arus listrik sebesar 6 Ampere dengan daya listrik di atas 10 ribu watt. Daya sedot ini juga sangat dipengaruhi oleh kedalaman permukaan air dari posisi di mana pompa tersebut ditaruh. Semakin jauh, akan semakin besar daya hisap pompa, sehingga daya yang digunakan akan lebih besar dibanding dengan pompa air yang posisinya tidak terlalu jauh dari permukaan air di dalam tanah.

Saat merencanakan pembelian, pertimbangkan daya listrik yang dibutuhkan dengan mengecek berapa arus listrik yang dibutuhkan oleh pompa tersebut. Selain itu Anda juga perlu mengetahui cara penggunaan pompa air yang baik, jangan terlalu sering menyalakan-mematikan karena hal tersebut dapat membuat pompa air semakin boros listrik

  1. Kulkas

Secara umum kulkas yang biasa dipakai di rumah terdiri atas dua jenis, satu pintu dan dua pintu. Untuk kulkas 1 pintu daya listriknya sekitar 50 sampai 80 watt sedangkan untuk yang 2 pintu daya listriknya adalah 100 sampai 120 watt.

Semakin besar kapasitas atau volume kulkas maka daya listrik yang diperlukan semakin besar juga. Pastikan anda mempertimbangkan daya listrik yang diperlukan, jangan hanya tertarik dengan desain dan besar kecilnya kulkas.

  1. Mesin Cuci

Selanjutnya adalah mesin cuci. Peralatan elektronik yang dapat memudahkan pekerjaan seluruh Ibu Rumah Tangga dalam mencuci ini menghabiskan daya yang cukup besar, yaitu sekitar 200-300 watt setiap sekali digunakan. Daya yang digunakan akan lebih besar jika Anda menggunakan jenis mesin cuci lama yang teknologinya belum ramah energi.

  1. Setrika Listrik

Setrika listrik, meskipun berbentuk tidak cukup besar dibandingkan dengan AC, kulkas atau mesin cuci, ternyata menggunakan konsumsi listrik yang tidak kalah besar, yaitu sekitar 300 watt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *